Konten blog anda merupakan aset yang harus dijaga dari para maling yang suka mencuri artikel anda. Kerja keras anda selama ini, tentu saja, tak ingin disia-siakan dari tangan-tangan jahil. Untuk itu konten harus tetap orisinil tidak diduplikat orang lain tanpa seizin anda.

Bagaimana anda tahu jika konten anda telah dikopi orang?

Dengan menggunakan layanan Google Alert, anda dengan mudah mengikuti konten blog anda. Caranya anda daftar di Google Alert dan isi titles dan kapanpun seseorang menulis topik yang sama, anda akan diberitahu oleh Google ke email anda.

Sekarang anda ikuti beberapa tehnik ini dan anda akan melindungi anda dari pencurian konten blog anda.

1. Hak cipta konten anda

Langkah pertama anda untuk melindungi konten blog anda adalah dengan mematenkan konten dengan menggunakan creativecommons.org. Hanya dengan mengunjungi situs ini dan mendaftarkan akun secara gratis, anda bisa menampilkan sebuah pesan Copyright di dalam blog anda agar tidak dikopi orang lain.

2. Gunakan CopyScape

Copyscape adalah tool lain yang membantu anda untuk melacak konten blog anda di seluruh web. Ada dua paket di copyscape, gratis dan berbayar. Anda dapat mencari konten blog anda atau link blog anda untuk menemukan duplikat konten. Layanan ini akan memberikan anda semua rincian tentang isi blog Anda. Jika ada orang telah menjiplak konten anda, Copyscape akan memberikan anda semua link. [Kontak dirinya melalui halaman Hubungi AS atau Email atau Posting Komentar untuk menghapus konten blog Anda. [kontak si pencuri bisa dilakukan melalui halaman Contact US atau Email atau komentar posting supaya menghapus konten jiplakan tersebut.

3. Link ke artikel anda

Dengan menambahkan sebuah kode sederhana di dalam single.php Wordpress anda. Kode ini secara otomatis akan ngelink post curian ke artikel asli anda.
<h1>
<a href="<?php the_permalink(); ?>"><?php the_title(); ?></a>
</h1>

4. Google Safe Browsing

Google selalu memberikan tool yang membantu pekerjaan kita sehari-hari.Termasuk juga Google Safe Browsing, yang akan membantu anda tentang pencurian konten blog anda. Google akan menghentikan index dari blog yang mencuri konten, bahkan nge-ban blog tersebut. Parahnya lagi, jika si pencuri itu ikutan program Google Adsense, maka Google juga akan menghapus akun GA mereka.

5. Disable Klik Kanan

Mengaktifkan Disable Klik Kanan pada blog anda, maka tak seorangpun bisa copy paste konten anda. Bagi pengguna WordPress ada plugin yang khusus bisa mengaktifkan
Download WP-CopyProtect Plugin dan aktifkan! Sekarang blog wordpress anda sudah terproteksi dari klik kanan. Bagi pengguna bukan WordPress, anda bisa tambahkan kode JavaScript untuk fungsikan disabling right click pada blog anda. Bagaimana kontak si pemilik blog yang telah mencuri konten anda agar menghapus konten jiplakan tersebut?Jika seluruh tehnik di atas sudah anda ikuti, tapi tetap saja seseorang meng-kopi kerjaan anda, apa yang harus anda lakukan? Anda tempuh saja cara berikut: kontak si pencuri dan katakan padanya untuk menghapus konten curian tersebut. Biasanya blog para pencuri tidak dilengkapi alamat email dan menu Contact Us di blog mereka. Cara termudah untuk melacak identitasnya adalah dengan melacak lewat WHOIS Record. Di sana biasanya ada catatan nama domain. Tapi bagaimana jika mereka seorang profesional yang men-set the domain privacy ON? Anda tidak akan bisa melihat alamat email mereka.

Tapi anda bisa mencoba mengirimkan email ke privacy-546494@domainprivacygroup.com. atau 09383737737.protect@whoisguard.com.
(Catatan:- Ini hanya sebagai contoh, email akan berbeda-beda untuk setiap domain).

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply